Departemen Teknik Perkapalan di Universitas Diponegoro merayakan prestasi gemilang salah satu dosen terkemuka mereka, Prof. Dr.Eng. Ahmad Fauzan Zakki, S.T., M.T., IPM., MRINA, yang baru-baru ini dianugerahi gelar Guru Besar di bidang Marine Structure khususnya Dynamic finite element method for marine structure. Gelar ini adalah bukti pengakuan atas keunggulan dalam penelitian, pengajaran, dan kontribusi signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi maritim.

Profesor Zakki telah menjalani perjalanan akademik yang mengesankan selama bertahun-tahun, dan pencapaiannya dalam bidang Marine Structure telah membuka jalan bagi pemahaman yang lebih baik tentang struktur maritim, perawatan, dan inovasi di sektor maritim. Kontribusinya yang beragam meliputi penelitian inovatif, publikasi bereputasi tinggi yang terakhir pada tahun 2022 dengan judul Simplified FE model and experimental study on the tensile properties of the glass fiber reinforced polyester polymer, dan pengembangan teknologi yang memajukan industri perkapalan.

Dalam menerima gelar Guru Besar ini, Profesor Zakki tidak hanya menerima penghargaan pribadi, tetapi juga mengukuhkan reputasi Departemen Teknik Perkapalan dan Universitas Diponegoro dalam lingkup nasional dan internasional. Gelar ini mencerminkan kualitas pendidikan dan penelitian yang berkualitas tinggi yang diselenggarakan di Universitas Diponegoro dan Departemen Teknik Perkapalan.

Profesor Zakki juga dikenal sebagai pendidik yang luar biasa, yang telah membimbing dan memberikan inspirasi kepada banyak mahasiswa untuk mengejar karir dalam teknik perkapalan. Prestasinya dalam pengajaran adalah cerminan dari dedikasi yang luar biasa terhadap pembelajaran dan pengembangan generasi muda ilmuwan dan insinyur di bidang perkapalan salah satunya pada tahun 2022 mendapatkan penghargaan Undip Award sebagai dosen UNDIP dengan paten terbanyak.

Universitas Diponegoro dan Departemen Teknik Perkapalan merasa sangat bangga atas pencapaian Profesor Zakki , dan kami berkomitmen untuk terus mendukung penelitian dan pengajaran berkualitas di lingkungan akademik kami.