Pada Rabu, 25 Oktober 2023, Universitas Diponegoro mencatat pencapaian gemilang dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2023. Pengumuman pemenang yang berlangsung di Balai Purnomo Prawiro, Kampus Universitas Indonesia Depok, menyaksikan kontingen Undip meraih tiga gelar juara dalam tiga kategori, menjadikannya Juara Umum KKCTBN tahun 2023.

KKCTBN adalah kompetisi teknologi perkapalan dan kemaritiman yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Mahasiswa bersaing untuk menyajikan inovasi teknologi desain, pembuatan prototipe, dan performa prototipe kapal terbaik. Tema tahun ini adalah “Penguatan Kemandirian Teknologi dan Inovasi Kapal Nasional”.

Dalam persaingan melibatkan 88 tim dari 31 perguruan tinggi, Undip mengirimkan lima tim untuk bersaing di enam kategori. Hasilnya, kontingen Undip berhasil meraih Juara 1 di Kategori Divisi Kapal Pariwisata DRR, Juara 1 di Kategori Divisi Kapal Pariwisata DII, dan Juara 3 di Kategori LBERC. Selain itu, mereka juga berhasil meraih Juara Umum KKCTBN 2023.

Mufid Jaler Bagus Pamuning, mahasiswa Teknik Perkapalan yang merupakan bagian dari tim Lembuswana Team 1, menyatakan rasa bangga dan kebahagiannya atas kemenangan ini. Keberhasilan meraih Juara Umum di KKCTBN 2023 dianggapnya sebagai pencapaian luar biasa, mengingat persaingan dengan universitas-universitas unggulan lainnya.

Ketua Departemen Teknik Perkapalan Undip, Prof. Dr. Eng. Hartono Yudo, ST., MT., mengapresiasi kemenangan ini sebagai hasil dari riset yang telah berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Ia menekankan pentingnya riset berkelanjutan dalam mencapai kesuksesan seperti ini. Prof. Hartono Yudo berharap bahwa kemenangan ini dapat menjadi dorongan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan kompetitif mereka dan membangun jejaring.