Departemen Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro (UNDIP) mengukuhkan komitmen mereka terhadap keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dengan sukses menyelenggarakan safety drill dan evakuasi kebakaran di kampus pada tanggal 21 November 2023. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa, staf, dan dosen dalam upaya bersama untuk meningkatkan kesiapan menghadapi situasi darurat.

*Prof. Hartono Yudo, Ketua Departemen Teknik Perkapalan UNDIP,* menyampaikan, “Kami menganggap keselamatan sebagai prioritas utama, dan kegiatan ini mencerminkan tekad kami untuk memberikan lingkungan belajar yang aman dan mendukung pengembangan keterampilan praktis bagi para mahasiswa kami. Safety drill ini bukan hanya tentang menanggapi kebakaran, tetapi juga tentang membangun kesadaran dan keterampilan yang berharga sepanjang karier di bidang teknik perkapalan.”

Safety drill ini mencakup simulasi kebakaran di laboratorium dan fasilitas teknik perkapalan UNDIP. Mahasiswa dan personel diajak untuk berpartisipasi dalam evakuasi darurat, penggunaan alat pemadam kebakaran, dan koordinasi tim untuk menghadapi situasi darurat. Hal ini memberikan pengalaman praktis yang sangat berharga bagi mereka dalam menghadapi tantangan keamanan di dunia nyata.

Departemen Teknik Perkapalan UNDIP juga memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang tata cara evakuasi dan protokol keamanan kampus di kalangan mahasiswa baru, membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan akademis mereka.

*Dalam upaya mendorong partisipasi dan kesadaran masyarakat, Departemen Teknik Perkapalan UNDIP mengundang media dan pihak-pihak terkait untuk turut serta dalam melaporkan dan mendukung upaya mereka dalam menciptakan lingkungan yang aman dan berkelanjutan.*