Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

K3 (Kesehatan, dan Keselamatan Kerja) adalah komitmen Departemen Teknik Perkapalan Undip untuk mendukung Fakultas Teknik dalam mewujudkan Sistem K3 ISO 45001 di lingkungan kampus agar terbentuk suasana kegiatan belajar di kelas dan aktivitas laboraturium yang aman, nyaman dan sehat sebagai upaya meningkatkan budaya pelayanan prima kepada mahasiswa


Jalur Evakuasi

Dalam keadaan situasi darurat seluruh Civitas Akademika Departemen Teknik Perkapalan agar memahami jalur evakuasi yang ada di Gedung Kuliah Departemen Teknik Perkapalan, adapun jalur evakuasi di Teknik Perkapalan sebagai berikut:

Stiker K3 dan Tanda Bahaya

Untuk mengingatkan selalu tertib K3 agar menjadi budaya setiap civitas akademika Teknik Perkapalan Undip dalam menumbuhkan budaya K3 di lingkungan kampus dipasang stiker- stiker K3 yang berisi petunjuk ataupun himbauan dalam tertib K3.

APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

APAR adalah singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan dapat disebut pula fire extinguisher yang berfungsi untuk memadamkan api dalam keadaan darurat di lingkungan kampus tertutama di dalam ruang Laboratorium, Departemen Teknik Perkapalan Undip telah memasang APAR di tiap ruangan yang mudah di jangkau, silahkan memahami intstruksi cara penggunaan APAR yang telah terpasang di dekat APAR tersebut

Mitigasi Covid 19

Departemen Teknik Perkapalan Undip melakukan pencegahan dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 di lingkungan Kampus dengan mensosialisasikan tata cara pencegahan dan protokol aktivitas new normal menggunakan media banner yang ditempatkan di koridor lantai 1 gedung kuliah agar mudah dibaca oleh setiap masyarakat kampus. selain itu pula disediakan tempat cuci tangan hand sanitizer yang dipasang di depan ruangan gedung Teknik Perkapalan.

Poster K3

Poster K3 dipasang di tiap laboraturium Departemen Teknik Perkapalan agar mudah dipahami oleh setiap pengguna laboratorium dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, bersih dan selamat dalam beraktivitas di laboraturium. Nomor telepon penting disediakan didalam poster tersebut untuk digunakan dalam situasi keadaan darurat.

Dokumen K3

Departemen Teknik Perkapalan selalu berupaya dan terus berbenah dalam menerapkan K3 agar menjadi kebiasaan dalam setiap aktivitas. Departemen Teknik Perkapalan memiliki dokumen- dokumen pendukung K3 dalam mewujudkan lingkungan Kampus dengan Sistem K3 ISO 45001 antara lain:

No Nama Dokumen Unduh
1 SOP Lab Hidrodinamika Kapal unduh
2 SOP Lab Struktur dan Konstruksi Kapal
– SOP Pengoperasioan Alat Uji Impak
– SOP Pengoperasian Alat Uji Kekerasan
unduh
unduh
unduh
3 SOP Lab Sistem Perpipaan dan Permesisnan Kapal
– SOP Pengoperasian Mesin Diese
unduh
unduh
4 SOP Lab Perancangan Kapal dibantu Komputer unduh
5 SOP Lab Las dan Material
– SOP Pengoperasian Mesin Las SMAW
unduh
unduh
6 SOP Lab Kapal – Kapal Kecil dan Perikanan unduh
7 HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control) unduh
8 Form Kontrol Alat unduh